Breaking News

Cara Mendapatkan Lisensi STKP Aviation Security Resmi



Sebagai petugas yang melayani masyarakat di pintu masuk bandara maupun ruangan boarding, semua personel Aviation Security harus tegas dalam menegakkan aturan sesuai dengan yang telah tertuang dalam ICAO. Namun, sebagai petugas yang melayani para pengguna bandara mereka juga  harus tetap ramah dalam menjalankan tugasnya tersebut baik terhadap calon penumpang , petugas bandara lainnya maupun orang lain yang berkepentingan di bandara.
Personel Aviation Security harus dapat memastikan bahwa semua orang yang masuk ke bandara harus benar – benar telah diperiksa. Mereka yang lolos pemeriksaan adalah yang  tidak membawa bahan peledak, narkotika dan barang-barang berbahaya lainnya yang dilarang masuk bandara sesuai aturan international.

Pengertian Aviation Security

Aviation Security atau petugas keamanan penerbangan yaitu mereka yang bertugas menjamin keamanan dan keselamatan penerbangan dari masuknya barang – barang berbahaya ke bandara maupun pesawat yang dapat membahaykan penerbangan.
Personel Aviation Security dapat laki – laki maupun perempuan. Untuk menjadi seorang petugas Aviation Security, seseorang perlu memiliki lisensi resmi atau disebut juga STKP (Surat Tanda Kecakapan Personel) . Apabila seseorang belum memiliki lisensi tersebut berarti seseorang tersebut dianggap belum layak dan pantas untuk mengemban serta melaksanakan tugasnya sebagai personel Aviation Security.
Untuk mendapatkan lisensi tersebut tentunya Anda perlu mengikuti pendidikan dan pelatihan khusus personil Aviation Security. Tempat pendidikan dan pelatihan yang menyelenggarakan program pelatihan Aviation Security juga tidak semuanya  dapat mengeluarkan lisensi resmi tersebut. Maka perlu Anda waspadai bahwa yang dapat mengeluarkan lisensi resmi tersebut hanyalah tempat pendidikan dan pelatihan yang elah mendapat izin penyelenggaraan resmi dari Dinas perhubungan Udara.

Tempat Pendidikan Pelatihan Aviation Security resmi

Salah satu sekolah atau tempat pendidikan dan pelatihan aviation security terbaik dan telah mendapatkan izin resmi dari kementrian perhubungan yaitu PSPP Penerbangan.
PSPP Penerbangan saat ini telah ada di 4 kota di Indonesia yaitu di Jakarta , Yogyakarta , Makassar dan lampung. Lembaga ini berdiri sejak 1 Maret 2010 dan telah Terakreditasi A.
Di PSPP Penerbangan Anda akan mendapat banyak materi yang akan mendukung karier Anda sebagai Aviation Security.  Diantaranya adalah pengetahuan mengenai peralatan – peralatan security dari bentuk serta cara penggunaanya seperti WTMD, HHMD, X-Ray, Explosive Detector, dangerous goods  dan lain – lain. Anda pun juga akan diberikan kesempatan untuk mempraktekannya ketika OJT.

Biaya Pendidikan dan Pelatihan Aviation Security

Dalam mengikukuti pendidikan dan pelatihan untuk mendapatkan lisensi atau Surat Tanda Kecakapan personil Aviation Security tentunya Anda memerlukan biaya. Biaya yang perlu Anda keluarkan ketika mengikuti pendidikan dan pelatihan di PSPP Penerbangan yaitu sebesar Rp  25.500.000,- Biaya tersebut dapat Anda bayarkan dengan cara mengangsur.
Angsuran pembayaran dapat dilakukan sebanyak 3 kali. Adapun untuk rincian biayanya adalah sebagai berikut ;
1.       Daftar ulang dibayar sebelum masuk pendidikan senilai Rp 12.000.000,-
2.       Angsuran 1 dibayarkan ketika mulai masuk pendidikan pada bulan pertama senilai Rp 8.000.000,-
3.       Angsuran kedua senilai Rp 5.500.000,- dibayarkan pada bulan kedua pendidikan
Dengan membayar biaya pendidikan tersebut, Anda telah akan mendapatkan beberapa fasilitas dari kampus berupa :
1.       Pakaian Seragam 2 stell
2.       Sepatu Formal
3.       Tas
4.       T-Shirt PSPP
5.       Name Plate
6.       Wing
7.       ID Card PSPP
8.       Cepol bagi wanita
9.       Dasi
10.   Travel Bag
11.   Modul belajar
12.   Asuransi jiwa
13.   Dan lain – lain

Syarat Daftar Pendidikan Pelatihan Aviation Security

1.       Pria maupun Wanita
2.       Tinggi badan Pria minimal 165 cm dan wanita minimal 160 cm
3.       Telah lulus dari SMA/SMK sederajat
4.       Sehat Jasmani dan Rohani
5.       Usia maksimal 27 tahun
6.       Tidak buta warna
7.       Bebas dari hepatitis
8.       Belum pernah mengalami patah tulang
9.       Tidak memakai obat – obatan terlarang
10.   Memiliki penampilan menarik
11.   Tidak terdapat tato permanen
12.   Belum pernah menikah
13.   Memiliki kemampuan komunikasi yang baik
Informasi lengkap mengenai pendaftaran pendidikan dan pelatihan Aviation security  dapat ditanyakan ke panitia penerimaan peserta didik baru kelas Avsec , kak Diyan 0822-2500-7272 atau melalui BBM 26D5777F

Tidak ada komentar