Breaking News

Lokasi Tempat Pelatihan Informasi Dangerous Goods di Lampung



Lokasi Tempat Pelatihan Informasi Dangerous Goods di Lampung . Yang dimaksud dengan PENERBANGAN yaitu kesatuan dari beberapa sistem yang terdiri atas pemanfaatan wilayah udara , transportasi udara, wilayah darat yang berupa bandar udara, serta  sistem navigasi dalam penerbangan . Yang menjadi problem utama dari penerbangan sipil yaitu mengenai masalah keamanan, semenjak terjadinya peristiwa Serangan pada  11 September 2001 dan beberapa peristiwa lainnya, faktor keamanan menjadi sangat penting terutama pada penerbangan sipil..
Selain itu terangkutnya barang-barang berbahaya di dalam Kargo baik sengaja maupun tidak sengaja, juga dapat menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya kecelakaan fatal apabila dalam mengemasnya belum sesuai dengan aturan mengenai “Dangerous Goods”  yang telah dikeluarkan oleh ICAO, Annex 18 tentang "The Safe Transport of Dangerous Goods by Air"
Pada artikel kali ini admin ingin bahas Lokasi Tempat Pelatihan Informasi DangerousGoods di Lampung. Menanggapi hal tersebut maka untuk menjadi seorang petugas bandara atau yang melayani penumpang secara langsung sebelum penerbangan terjadi, pengetahuan mengenai barang – barang berbahaya tersebut harus sudah dikuasai. Karena keselamatan menjadi prioritas utama dalam penerbangan.
Dangerous Goods merupakan barang-barang yang tergolong dalam daftar barang yang  membahayakan keselamatan penerbangan baik penerbangan sipil maupun militer. Barang – barang berbahaya ini pun masih dikelompokkan menjadi beberapa kelompok , yaitu :
ü  Explosive yang merupakan kelompok bahan yang mudah meledak dan sangat dilarang di dunia penerbangan
ü  Flammable gas yang merupakan kelompok barang berbahaya berupa gas bertekanan dan mudah terbakar
ü  Flammable Liquid merupakan kelompok barang berbahaya berupa zat cair namun mudah terbakar
ü  Flammable Solid merupakan kelompok barang berbahaya berupa zat padat namun mudah terbakar
ü  Oxidizing Substances and Organic Peroxides merupakan kelompok brang berbahaya berupa zat yang mudah menghasilkan Oksigen sehingga juga dapat menimbulkan kebakaran
ü  Toxic zat padat atau cair dikategorikan sebagai zat berbahaya dikarenakan apabila terhirup atau tertelan akan menyebabkan kematian seseorang
ü  Radioactive yaitu barang atau zat yang dapat memancarkan radiasi
ü  Corrosive yang merupakan kelompok bahan atau zat yang dapat merusak jaringan kulit atau memiliki tingkat karat yang tinggi
ü  Miscelaneous Dangerous Goods yaitu zat padat maupun cair yang memiliki sifat iritasi atau benda tersebut dapat menyebabkan ketidaknyamanan bagi seseorang yang menyentuh ataupun menghirupnya
Sembilan kelompok barang – barang berbahaya tersebut apabila akan di angkut menggunakan moda transportasi udara perlu mendapatkan perlakuan khusus sebelumnya. Misalkan untuk barang – barang tertentu dapat dilakukan dengan cara mengemasnya dengan baik. 

Selain itu, dalam proses pengangkutan barang – barang berbahaya juga harus sesuai dengan peraturan internasional. Di  Negara kita yaitu Negara Kesatuan Republik Indonesia aturan mengenai pengangkutan barang – barang berbahaya tersebut tertuang dalam Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nomor SKEP/275/XII/1998 yang telah dikeluarkan oleh departemen perhubungan.
DANGEROUS GOODS merupakan salah satu dari beberapa materi yang diajarkan oleh tenaga pengajar  kepada peserta didik Program Pendidikan Staff Penerbangan dan Aviation Security di PSPP Penerbangan perihal keselamatan penerbangan yang disebabkan oleh adanya zat atau bahan berbahaya yang sangat peka terhadap suhu udara, tekanan dan getaran ketika berada di pesawat serta dapat mengganggu kesehatan manusia maupun binatang. Dan tentunya akan sangat membahayakan keselamatan penerbangan maupun merusak peralatan yang terdapat didalam pesawat terbang tersebut.Sehingga disinilah Lokasi Tempat Pelatihan Informasi DangerousGoods di Lampung dapat Anda temukan.
Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih dalam mengenai Dangerous Goods , Anda dapat mengikuti pendidikan dan pelatihan di PSPP Penerbangan. Karena hanya sekolah penerbangan yang mendapat izin dari Kementrian Pendidikan Nasional dan Kementrian Perhubungan yang dapat menyelenggarakan pelatihan Dangerous Goods.
Demikian informasi mengenai Lokasi Tempat Pelatihan InformasiDangerous Goods di Lampung semoga artikel ini dapat menambah wawasan bagi Anda yang membacanya.
Mengenai tatacara pendaftaran maupun syarat masuk PSPP Penerbangan dapat Anda tanyakan pada Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru Kak Diyan 0822-2500-7272 atau BBM 26D5777F

Tidak ada komentar