Breaking News

Tugas Fungsi Peran Aviation Security (AVSEC/ Polisi Bandara ) dalam Penerbangan di Indonesia



Tugas Fungsi  Peran Aviation Security (AVSEC/ Polisi Bandara ) dalam Penerbangan di Indonesia
Bagi Anda yang sering melakukan penerbangan atau singgah dari 1 bandar udara ke bandar udara yang lain tentu akan bertemu dengan seseorang yang berprofesi sebagai petugas Aviation Security.
Namun mungkin ada diantara Anda yang meskipun sering melakukan penerbangan namun belum mengenal atau mengetahui siapa personil  Aviation Security itu.

Ketika Anda mulai memasuki area terminal keberangkatan , Anda akan diperiksa oleh petugas berseragam dan meminta Anda untuk menunjukkan tiket serta meletakkan barang bawaan maupun alat elektronik ke mesin X-Ray dan Anda pun akan diminta untuk masuk melalui pintu WTMD.
Nah petugas itulah yang dinamakan personil Aviation Security. Selain melakukan pengecekan pada diri Anda , ada pula personil Aviation Security lain yang mengamati monitor yang ada di samping mesin X-ray. Monitor tersebut yang akan menunjukkan isi tas atau barang bawaan yang telah Anda masukkan ke dalam mesin X-Ray.

Pemeriksaan barang bawaan ke mesin X-Ray dan pemeriksaan penumpang melalui WTMD dimaksudkan agar  barang bawaan yang termasuk ke dalam golongan Dangerous Goods dapat terdeteksi oleh mesin WTMD maupun X-Ray. Sehingga petugas Aviation Security  dapat mengarahkan penumpang atau mencegah penumpang membawa barang tersebut ikut serta dalam penerbangan .


Jadi peran Aviation Security amatlah penting, dikarenakan apabila sebelum masuk ke pesawat atau terminal kedatangan para penumpang tidak di cek barang bawaannya dan ketika penerbangan barang bawaan penumpang yang termasuk dalam golongan dangerous goods terbawa dalam penerbangan maka resiko terjadi kecelakaan fatal dapat terjadi. Sehingga peran Aviation Security amat dibutuhkan terutama dalam hal keamanan dan keselamatan penerbangan.

Tugas Aviation Security yaitu menjaga keamanan dan keselamatan penerbangan di setiap area bandara yang menjadi tugasnya. Untuk menjadi personil Aviation Security tentunya tidaklah mudah. Mengingat Tugas Fungsi  Peran Aviation Security (AVSEC/ Polisi Bandara ) dalam Penerbangan di Indonesia amat berkaitan erat dengan keselamatan dan keamanan bandar udara dan proses penerbangan. Sehingga untuk menjadi personil Aviation Security pun seseorang harus memiliki lisensi atau Surat Tanda Kecakapan Personil terlebih dahulu.

Surat Tanda Kecakapan Personil atau Lisensi tersebut dapat Anda dapatkan dengan cara mengikuti pendidikan dan pelatihan di sekolah khusus Aviation Security pada lembaga pendidikan atau sekolah Aviation Security yang mendapatkan izin penyelenggaraan dari Kementrian Perhubungan.

Tidak semua sekolah atau lembaga pendidikan yang menyelenggarakan program pendidikan pelatihan Aviation Security dapat mengeluarkan lisensi ini, sehingga Anda patut memilih tempat pendidikan yang telah memiliki legalitas agar ketika lulus atau selesai pendidikan Anda bisa mendapatkan lisensi Aviation Security.

Tugas Fungsi  Peran Aviation Security (AVSEC/ Polisi Bandara ) dalam Penerbangan di Indonesia sangat berbeda dengan Security atau petugas keamanan dalam bidang lain. Salah satu yang membedakan yaitu Personil AVSEC wajib memiliki STKP namun personil keamanan lain seperti security hotel, security rumah sakit, satpam , hansip, dll tidak diwajibkan memiliki STKP sebagai syarat keanggotaannya.

Salah satu lembaga pendidikan penyelenggara program pendidikan dan pelatihan Aviation Security yang paling diminati di Indonesia yaitu PSPP Penerbangan. Sekolah ini telah mendapat izin dari kementrian perhubungan, Kementrian Pendidikan Nasional, dan Dinas Tenaga kerja dalam menyelenggarakan program pendidikan pelatihan personil Aviation Security. Pendidikan dan Pelatihan Aviation Security yang diselenggarakan oleh PSPP Penerbangan memerlukan waktu tempuh pendidikan selama 6 bulan. Dengan 4 bulan belajar di kampus dan 2 bulan On the Job Training.

Awalnya program pendidikan pelatihan Aviation Security baru dapat diikuti siswa di PSPP Penerbangan Jakarta. Namun karena banyaknya siswa yang tertarik mengikuti pendidikan ini di PSPP Penerbangan serta semakin banyaknya peluang kerja untuk menjadi personel Aviation Security, sehingga kini program pendidikan Aviation Security telah dapat diikuti oleh siswa di PSPP Penerbangan Lampung , PSPP Penerbangan Makassar, PSPP Penerbangan Yogyakarta, dan PSPP Penerbangan Jakarta.

Bagi Anda yang juga tertarik untuk mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Aviation Security di lembaga pendidikan AVSEC terbaik di Indonesia dapat menghubungi kak Diyan selaku Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru di 0822-2500-7272 / BBM 26D5777F

Sama halnya seperti Program Pendidikan Staff Penerbangan dan Pramugari di lembaga pendidikan ini, Program Pendidikan Aviation Security juga akan ada praktek terbang ke Singapore.

Demikian info mengenai Tugas Fungsi  Peran Aviation Security (AVSEC/ Polisi Bandara ) dalam Penerbangan di Indonesia  semoga bermanfaat J

Tidak ada komentar