Breaking News

Bolehkah Wanita / Perempuan Bekerja sebagai Personel Aviation Security / Polisi bandara ?



Bolehkah Wanita / Perempuan Bekerja sebagai Personel Aviation Security / Polisi bandara ?
Personel keamanan yaitu petugas yang pekerjaan atau tugasnya adalah menjaga keamanan di tempat - tempat tertentu, seperti hotel, bank , mall, rumah sakit ,  stasiun , sekolah dan tempat umum lainnya dengan ruang lingkup yang berbeda – beda.
Dahulu personel keamanan identik dengan sosok laki – laki yang gagah dan bahkan tampak seram dilihatnya J Namun berbeda dengan kondisi saat ini. Kini personel keamanan sudah tak seseram dahulu, banyak personel keamanan yang juga diharuskan berpenampilan menarik baik dari segi wajah, tubuh atau pun pakaiannya tanpa menghilangkan kesan tegas sebagai petugas keamanan. Salah satunya adalah personel keamanan bandara atau yang disebut dengan petugas AVSEC ( Aviation Security ). Sama halnya seperti petugas keamanan di tempat umum lainnya, petugas keamanan bandara juga memiliki tugas yang sama yaitu menjaga keamanan penerbangan. Namun bedanya dengan petugas keamanan lainnya, dalam pelaksanaan tugas nya personel keamanan penerbangan mengacu pada peraturan penerbangan Internasional.
Selain itu, personel keamanan penerbangan juga diwajibkan untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan “Basic Aviation Security” terlebih dahulu  guna mendapat lisensi atau Surat Tanda Kecakapan Personel (STKP) . Karena tanpa itu personel tersebut masih dianggap belum cakap atau belum mampu melaksanakan tugasnya dalam menjaga keamanan penerbangan.

Bolehkah Wanita / Perempuan Bekerja sebagai Personel Aviation Security / Polisi bandara ?

Baik di maskapai atau perusahaan penerbangan maupun Angkasa Pura kini  telah banyak karyawan atau personel Aviation Security yang berjenis kelamin perempuan. Meskipun perempuan , para personelnya juga tetap terlihat tegas, dan mereka pun dituntut untuk tetap mentaati peraturan penerbangan internasional dan harus berani menegur penumpang atau pengguna jasa bandara yang tidak taat dan patuh terhadap peraturan yang berlaku demi terciptanya keamanan dan keselamatan penerbangan dengan tetap sopan.

Apa saja Persyaratan atau Kriteria menjadi Polisi Bandara atau Aviation Security (AVSEC) ?

Persyaratan atau kriteria untuk menjadi petugas pengamanan penerbangan atau Aviation Security tidak seperti persyaratan untuk menjadi petugas keamanan pada tempat umum lainnya. Adapun untuk  kriteria yang harus dimiliki adalah sebagai berikut :
·         Pria atau Wanita berusia maksimal 27 tahun
·         Berpenampilan menarik
·         Memiliki postur tubuh yang ideal dengan tinggi badan minimal 168 cm untuk laki-laki dan 163 cm untuk perempuan
·         Tidak buta warna dan hepatitis
·         Sehat jasmani dan rohani
·         Telah lulus dari SMA/SMK/D3/S1
·         Memiliki Surat Tanda Kecakapan Personel / Lisensi yang sah
·         Dapat berkomunikasi dengan baik
·         Belum menikah

Dimana Kita Bisa Mendapatkan Lisensi atau STKP yang sah tersebut ?

Lisensi atau Surat Tanda Kecakapan Personel Aviation Security yang sah hanya dikeluarkan oleh instansi atau lembaga pendidikan khusus AVSEC yang telah memiliki izin penyelenggaraan dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara.  Salah satu lembaga pendidikan AVSEC yang mengeluarkan lisensi bagi para peserta didik yang lulus ujian negara adalah PSPP Penerbangan.
Lembaga Pendidikan yang dikenal dengan nama PSPP Penerbangan ini berlokasi di kota Jakarta , Yogyakarta , Makassar dan Lampung.  Selain mempelajari tentang sistem keamanan penerbangan, para peserta didik juga dibekali dengan ilmu tentang Dangerous Goods yang juga ada hubungannya dengan keamanan penerbangan danb tentunya akan sangat bermanfaat ketika bekerja.  Yang tak kalah menarik, para peserta didik di lembaga pendidikan Aviation Security PSPP Penerbangan juga diajak oleh kampus untuk mengikuti praktek terbang ke singapore agar mereka mengetahui prosedur penerbangan ke luar negeri secara langsung.
Bagi Anda perempuan Generasi muda di Indonesia yang memiliki cita – cita untuk berkarier di bidang pengamanan penerbangan , bisa mewujudkan impiannya dengan bergabung dan mengikuti pendidikan dan pelatihan di PSPP Penerbangan. PSPP Penerbangan saat ini tengah membuka pendaftaran untuk peserta didik baru program pendidikan Aviation Security baik bagi laki – laki maupun perempuan. 

Informasi pendaftaran peserta didik baru kelas Aviation Security dapat menghubungi panitia pendaftaran PSPP Penerbangan kak Diyan 0822-2500-7272 / BBM 26D5777F .
Artikel seputar Bolehkah Wanita / Perempuan Bekerja sebagai Personel Aviation Security / Polisi bandara ?cukup sampai disini J Semoga bermanfaat dan dapat menjadi motivasi dan inspirasi bagi perempuan – perempuan muda di Indonesia.
Terimakasih

Tidak ada komentar