Breaking News

Siapakah AVSEC ( Aviation Security ) itu ?



Siapakah AVSEC ( Aviation Security ) itu ?
Jika melihat dari kepanjangan dari kata AVSEC yaitu Aviation Security, tentu akan banyak orang awam yang berfikir bahwa personel AVSEC sama halnya seperti petugas keamanan di tempat umum lainnya seperti petugas keamanan yang bertugas di mall, di bank, di rumah sakit, di terminal, padahal sebenarnya persyaratan menjadi AVSEC sangat berbeda dengan petugas keamanan yang lain yang telah admin sebutkan sebelumnya.Bagi Anda yang penasaran tentang Siapakah AVSEC (Aviation Security) itu ? Silahkan Anda simak penjelasan berikut ini :
Personil Keamanan Penerbangan atau yang dikenal dengan personil AVSEC merupakan  personil keamanan penerbangan dan bertigas di bandar udara serta telah memiliki lisensi atau STKP AVSEC sebelum mereka diberikan tugas dan tanggung jawabnya di bidang keamanan penerbangan. Hal ini juga sesuai dengan pernyataan yang di muat pada Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nomor:SKEP/2765/XII/2010 Bab I butir 9.
Sesuai dengan pernyataan di dalam Peraturan Jenderal Perhubungan Udara tersebut, sehingga seluruh personil AVSEC diwajibkan memiliki STKP / Lisensi. Karena jika belum memiliki lisensi mereka dianggap belum layak mengemban tugas dan tanggung jawabnya untuk menjaga keamanan penerbangan. Sedangkan salah satu isi dalam STKP (Surat Tanda Kecakapan Personel) tersebut dijelaskan tentang kewenangan Personil Keamanan Penerbangan (AVSEC) dan apabila telah memiliki lisensi maka personel tersebut telah dinyatakan memiliki kompetensi yang diperlukan untuk melaksanakan tugas pengamanan penerbangan oleh Direktur Jendral Perhubungan Udara.



Lalu bagaimana personel atau calon AVSEC tersebut mendapatkan lisensi ?

Untuk mendapatkan lisensi atau STKP AVSEC, seseorang tersebut harus mengikuti Pendidikan dan Pelatihan khusus AVSEC terlebih dahulu. Waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan lisensi tersebut juga berbeda – beda tergantung tempat diklatnya. Bagi tempat pendidikan dan pelatihan AVSEC yang dapat mengeluarkan lisensi resmi dari KEMENHUB adalah tempat diklat AVSEC yang mendapat persetujuan dari Direktur Jendral Perhubungan Udara .
Selain wajib memiliki lisensi atau STKP , dalam menjalankan tugasnya personel Aviation Security  juga mengikuti pedoman yang terdapat pada peraturan penerbangan, baik nasional maupun internasional. Yaitu sesuai dengan ICAO (International Civil Aviation Organitation) yang merupakan sebuah organisasi penerbangan sipil internasional dibawah naungan PBB.
ICAO mempunyai aturan-aturan penerbangan yang disebut dengan istilah Annex. Dan  setiap negara yang menjadi anggota ICAO harus mematuhi aturan yang dibuat oleh ICAO tersebut.


Selain hal- hal yang sudah admin jelaskan diatas, ada beberapa fasilitas yang biasanya digunakan oleh personel AVSEC untuk mendukung tugasnya ,fasilitas Keamanan Penerbangan tersebut diantaranya adalah :
1. Alat pendeteksi bahan peledak;
2. Alat pendeteksi zat organik dan non-organik;
3. Alat pendeteksi metal
4. Alat pendeteksi bahan nuklir, biologi, kimia, dan radioaktif;
5. Alat pemantau lalu lintas orang, kargo, pos, kendaraan, dan pesawat udara di bandara;
6. Alat pusat penanggulangan keadaan darurat (emergency operation centre);
7. Kendaraan patroli keamanan penerbangan;
8. Alat pengendalian jalan masuk (acces control);
9. Alat pendeteksi penyusup pagar perimeter (perimeter instruction detection system);
10. Alat komunikasi personel keamanan.
Namun kelengkapan alat – alat tersebut tidak setiap bandar udara memilikinya. Keberadaan peralatan tersebut tentu disesuaikan dengan kebutuhan pada setiap bandar udara. Minimal dipintu terminal keberangkatan penumpang maupun di depan ruang boarding telah memiliki  Mesin X-Ray, Gawang Detector Logam(Walk Through Metal Detector/WTMD) serta  Detector Logam Genggam (Hand Held Metal Detector/HHMD).


Dari penjelasan admin diatas semoga dibayangan dan pemikiran Anda sudah memahami bahwa AVSEC memang berbeda dengan personil keamanan lainnya. Personel AVSEC harus memiliki Kompetensi yang berupa Skill, Attitude dan Knowledge yang mumpuni guna melaksanakan tanggung jawab pengamanan untuk mewujudkan keamanan dan keselamatan penerbangan.
Demikian penjelasan mengenai Siapakah AVSEC (Aviation Security) itu ? Semoga dapat menambah wawasan Anda seputar dunia penerbangan khususnya AVSEC. Bagaimana Sahabat ,Anda tertarik untuk berprofesi menjadi AVSEC ? Personel AVSEC boleh laki- laki ataupun perempuan loh. Bagi Anda muslimah yang mengenakan jilbab juga diperkenankan berprofesi menjadi AVSEC asal memenuhi kualifikasi lainnya. Yuk ikuti diklatnya di tempat pendidikan dan pelatihan AVSEC PSPP Penerbangan. Penjelasan selengkapnya silakan menghubungi Kak Diyan 0822-2500-7272 / BBM 26D5777F selaku Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru PSPP Penerbangan.
Sekian J

Tidak ada komentar