Breaking News

Persiapan Pendaftaran untuk Berkarir Menjadi Personil Keamanan Penerbangan ( AVSEC )



Jika Anda beranggapan bahwa selama ini hanya ada profesi pilot dan pramugari saja yang terdapat di dunia penerbangan,kali ini admin akan mengajak Anda untuk mengenal profesi lain dalam dunia penerbangan yang juga memiliki peranan penting terhadap kelancaran proses penerbangan.

Sebenarnya ada banyak sekali profesi yang mendukung kelancaran proses suatu penerbangan, dari yang langsung berhadapan dengan penumpang maupun yang di balik layar menangani pesawat terbangnya seperti halnya para mekanik dan teknisi pesawat terbang. Namun yang akan admin bahas lebih dalam disini adalah  profesi keamanan penerbangan atau yang dikenal dengan istilah AVSEC ( Aviation Security ) .

Ketika Anda hendak bepergian menggunakan jasa transportasi udara , tentu Anda akan masuk ke terminal keberangkatan bandara untuk melakukan pelaporan atau checkin sebelum naik ke pesawat terbang. Ketika itu , Anda tentu akan melihat para perempuan cantik maupun laki - laki ganteng yang berseragam dan berdiri di samping pintu keberangkatan bandara  mengenakan pakaian yang rapi dan terlihat gagah.

Mereka inilah yang disebut dengan personil keamanan penerbangan atau AVSEC (Aviation Security ). Bagi Anda yang sudah sering melakukan penerbangan, mungkin sedikit banyak sudah tahu mengenai pekerjaan mereka. Namun bagi Anda yang jarang terbang, mungkin masih bertanya-tanya, sebenarnya apa sih yang dilakukan oleh personil keamanan penerbangan atau AVSEC itu ? Apakah mereka sama halnya dengan petugas keamanan di tempat pelayanan umum lain seperti halnya mall , rumah sakit , atau bank ?

Untuk mengurangi rasa penasaran Anda, terhadap apa yang menjadi tugas dan tanggung jawab seorang personil keamanan penerbangan atau AVSEC mari Anda baca artikel mengenai Persiapan Pendaftaran untuk Berkarir Menjadi Personil Keamanan Penerbangan ( AVSEC ) .

Personil keamanan penerbangan atau yang dikenal dengan istilah AVSEC adalah petugas keamanan khusus yang dipekerjakan di bandara untuk menjaga keamanan dan ketertiban proses penerbangan.

PENGENALAN PETUGAS KEAMANAN PENERBANGAN/AVSEC

AVSEC yang merupakan singkatan dari Aviation Security atau yang dalam Bahasa Indonesia dikenal dengan personil keamanan penerbangan merupakan petugas keamanan khusus yang dimiliki oleh perusahaan penerbangan.  Berbeda dengan personil keamanan pada sektor industri lain , seseorang yang ingin menjadi personil keamanan penerbangan / AVSEC sebelum diperbolehkan melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dalam menjaga keamanan penerbangan seseorang tersebut harus mengikuti pendidikan dan pelatihan khusus personil keamanan / AVSEC terlebih dahulu untuk memperoleh lisensi atau STKP.
Menjadi seorang petugas keamanan penerbangan / AVSEC yang profesional tentunya tidaklah mudah berikut ada beberapa tips mengenai Persiapan Pendaftaran untuk Berkarir Menjadi Personil Keamanan Penerbangan / AVSEC  . Apa yang perlu Anda persiapkan untuk menjadi salah satu personil keamanan penerbangan / AVSEC ?
  1. Penampilan yang menarik
Meski judulnya adalah petugas keamanan penerbangan, namun perusahaan akan tetap menuntut Anda untuk berpenampilan menarik selama bertugas. Menggunakan make up sewajarnya bagi personil keamanan penerbangan wanita , dan berpenampilan rapi bagi personil keamanan penerbangan laki – laki.
Sehingga personil keamanan penerbangan tidak hanya terlihat gagah dan berwibawa saja namun tetap terlihat menarik ketika sedang memeriksa penumpang yang akan melakukan penerbangan.
Penampilan menarik disini juga termasuk postur tubuh Anda . Perusahaan yang mempekerjakan personil keamanan / AVSEC seperti halnya Angkasa Pura mensyaratkan para personil keamanan penerbangan / AVSEC nya memiliki tinggi badan yang sesuai ketentuannya yaitu minimal 170 cm untuk laki – laki dan minimal 165 cm untuk wanita. Rajin – rajinlah berolahraga agar kondisi tubuh Anda tetap fit dan tentunya dapat menjalani pekerjaan Anda dengan sebaik- baiknya.
  1. Kemampuan berkomunikasi menggunakan Bahasa Inggris
Sudah banyak yang tahu bahwa Bahasa Inggris sudah menjadi bahasa Internasional dan bahkan menjadi bahasa ibu untuk beberapa negara di dunia. Sehingga kemampuan berkomunikasi dalam bahasa inggris amatlah diperlukan untuk petugas – petugas yang melayani penumpang secara langsung.
Bandar Udara ( Airport ) merupakan tempat yang pasti dikunjungi apabila kita akan bepergian jauh menggunakan moda transportasi udara baik untuk perjalanan ke wilayah yang masih dalam lingkup 1 negara maupun ke negara lainnya.
Moda transportasi udara dinilai menjadi alat transportasi yang paling efektif untuk perjalanan jarak jauh. Karena tidak memerlukan waktu yang lama seperti ketika menggunakan  moda transportasi laut maupun darat . Yang menggunakan jasa transportasi udara tentunya juga tidak hanya masyarakat Indonesia saja, namun pesawat terbang tentu juga digunakan para turis atau orang luar negeri untuk bepergian.
Kemampuan berkomunikasi menggunakan Bahasa Inggris ini juga diperlukan oleh personil keamanan penerbangan / AVSEC meskipun personil tersebut bertugas di bandara yang tidak melayani penerbangan ke luar negeri. Alasannya adalah meskipun bandara yang menjadi tempat AVSEC bertugas tidak melayani penerbangan ke luar negeri namun pastinya tetap akan ada saja penumpang yang berasal dari negara lain / bukan dari Indonesia. Sehingga agar dapat menjalankan tanggung jawabnya dengan baik , kemampuan berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris ini perlu Anda asah jika Anda ingin bekerja di dunia penerbangan.
3.      Mengetahui klasifikasi barang – barang yang membahayakan penerbangan ( Dangerous Goods )
Sebagai petugas keamanan penerbangan , jenis – jenis barang yang apabila di bawa dalam penerbangan akan berbahaya juga harus diketahui. Penumpang pesawat terbang mungkin tidak semua memahami barang apa saja yang boleh atau dilarang dibawa dalam penerbangan. Tugas personil keamanan penerbangan disini adalah mengecek semua barang bawaan penumpang ketika penumpang mulai memasuki bandara keberangkatan. Sehingga personil keamanan penerbangan bisa mencegah barang – barang berbahaya untuk dibawa penumpang saat penerbangan.
Pengecekan barang bawaan tersebut , dibantu dengan sebuah alat canggih yang dinamakan X- Ray . Alat tersebut bisa melihat isi didalam tas bawaan penumpang .
Bagi Anda yang ingin mempelajari lebih lanjut dan detail tentang tata cara agar dapat menjadi personil keamanan penerbangan/ AVSEC yang profesional dan Persiapan Pendaftaran untuk Berkarir Menjadi Personil Keamanan Penerbangan ( AVSEC ) Anda lebih matang  silakan bergabung dengan pendidikan Aviation Security di PSPP Penerbangan. Disana Anda akan dibekali dengan bermacam – macam ilmu yang sangat menunjang untuk karier Anda nantinya sebagai personil keamanan penerbangan / AVSEC sepeti :  English for Aviation, Pengetahuan tentang Dangerous Goods ,Cara Melayani Penumpang yang baik, dan pengetahuan – pengetahuan tentang keamanan penerbangan.

Informasi pendaftarannya dapat Anda tanyakan kepada panitia penerimaan peserta didik baru PSPP Penerbangan kak Diyan 0822 -2500-7272 / BBM 26D5777F.

Tidak ada komentar