Breaking News

Benda yang Dilarang Masuk ke Pesawat Oleh Petugas AVSEC

Pernah merasakan pengalaman barang bawaan Anda disita oleh petugas AVSEC?
Bagaimana perasaan Anda ketika itu ? Marah ? Jengkel ? Kesal ?
Guys ,, petugas AVSEC tentu tidak akan melarang Anda untuk membawa barang bawaan Anda untuk ikut dalam penerbangan . Namun , bila barang bawaan Anda termasuk dalam benda yang akan membahayakan penerbangan , sudah sepantasnya bila barang bawaan Anda akan disita oleh petugas . Hal tersebut demi keamanan penerbangan yang tentunya juga demi keselamatan Anda sendiri ketika melakukan penerbangan .

Sebelum admin membahas lebih lanjut mengenai  Benda yang Dilarang Masuk ke Pesawat Oleh Petugas AVSEC  Admin ingin berbagi pengalaman dahulu sewaktu admin masuk kebandara .
Ketika itu , terdapat seorang penumpang yang sepertinya habis melaksanakan liburan di daerah Bandung . Dan penumpang tersebut membeli oleh - oleh khas Bandung yaitu Peuyeum " kalau salah tulis mohon dimaafkan ya Guys karena admin sendiri bukan orang Bandung , hehe " dan hendak dibawa ke Surabaya sebagai oleh - oleh bagi kerabat mereka disana .

Namun , ketika penumpang tersebut mulai memasuki proses pemeriksaan di X-Ray dimana semua barang bawaan harus melalui proses pengecekan , alangkah kagetnya penumpang tersebut ketika salah satu kardus yang berisi oleh - oleh tersebut disita oleh petugas .

Marah bercampur bingung mulai terlihat pada wajah penumpang tersebut. Dan akhirnya salah satu petugas AVSEC pun mulai memberikan penjelasan mengenai dilarangnya benda tersebut untuk ikut dalam penerbangannya.Dengan berat hati , karena negosiasi dari penumpang pun tetap tak diijinkan maka penumpang tersebut terpaksa meninggalkan barang bawaan berupa kardus yang berisi oleh - oleh khas Bandung tersebut karena demi keselamatan bersama.


Kembali ke topik awal mengenai Benda yang Dilarang Masuk ke Pesawat Oleh Petugas AVSEC silakan simak pada artikel dibawah ini.

Ada beberapa jenis barang yang memang tidak boleh Anda bawa ke dalam pesawat. Ketentuan tersebut merupakan peraturan internasional yang sudah ditetapkan oleh ICAO (Internatinoal Civil Aviation Organization) yakni sejenis Organisasi Penerbangan Sipil Internasional. Nah berikut barang-barang yang tidak boleh dibawa ke dalam pesawat.

Dilarang membawa cairan berbahaya
Maskapai penerbangan pada umumnya melarang setiap penumpangnya untuk membawa cairan berbahaya seperti zat kimia. Meski begitu, Anda diperbolehkan membawa benda-benda cair seperti minyak kayu putih, parfum, atau hairspray dengan kapasitas maksimal 100 ml. Untuk lebih amannya lagi, Anda bisa memasukkan benda-benda tersebut ke dalam bagasi dan melapisinya dengan plastik bening.

Dilarang membawa benda-benda yang berbahan gas
Setiap penumpang umumnya dilarang membawa benda-benda yang berbahan gas seperti cat semprot, korek api dan lain-lain. Gas dapat memicu sebuah ledakan, hal ini tentunya bisa mengancam keselamatan para penumpang.

Dilarang membawa benda-benda tajam
Jangan sekali-kali membawa benda-benda tajam seperti pisau, pedang, samurai, anak panah dan lain-lain meskipun fungsinya hanya sebagai souvenir. Barang-barang tersebut tentunya akan disita oleh petugas keamanan bandara. Sedangkan untuk peralatan make up yang mengandung benda-benda tajam seperti gunting kuku, kikir kuku, pisau cukur dan lain-lain, jika Anda sangat membutuhkannya, Anda bisa mengemas dan memasukkannya ke dalam tas koper yang akan Anda masukkan ke dalam bagasi. Atau jika ingin praktis dan efisien, Anda bisa membelinya di tempat tujuan.

Dilarang membawa senjata api dan peralatan berbahaya lainnya
Setiap maskapai melarang penumpangnya untuk membawa senjata api dan peralatan berbahaya lainnya yang dapat memicu ledakan seperti amunisi, kembang api, petasan dan lain-lain, kecuali bila benda-benda tersebut diizinkan sebagai bagasi yang didaftarkan atas keputusan mutlak dari maskapai yang bersangkutan karena alasan yang sangat khusus.

Dilarang membawa benda-benda yang dapat mengembang
Benda-benda yang dapat mengembang seperti bola tiup untuk kegiatan olahraga basket, voli dan lain-lain dilarang dibawa ke dalam pesawat kecuali bila benda-benda tersebut sudah dikempiskan.
Selain beberapa benda yang sudah disebutkan di atas, masih ada beberapa benda lainnya yang mungkin bisa disita oleh petugas karena berpotensi mengancam keselamatan para penumpang. Apapun itu, ada baiknya bila kita tetap mematuhi aturan yang berlaku.

Setelah membaca artikel kali ini , semoga Anda yang pernah mengalami kejadian yang sama seperti cerita admin diatas tidak dendam kepada petugas AVSEC ya Guys :) Karena personil AVSEC tersebut melakukan hal demikian untuk keselamatan bersama juga dan merupakan salah satu upaya menciptakan zero accident dalam sebuah penerbangan.

Saran artikel :
Tempat Pelatihan Dangerous Goods Berlisensi
Biaya Pelatihan Diklat AVSEC
Syarat Masuk Sekolah AVSEC

Bagi Anda yang tertarik untuk mempelajari Benda yang Dilarang Masuk ke Pesawat Oleh Petugas AVSEC  yang merupakan Dangerous Goods tersebut dapat mengikuti pendidikan AVSEC di sekolah AVSEC terbaik PSPP Penerbangan.

Anda pun juga akan memperoleh Lisensi AVSEC yang merupakan dokumen pokok untuk menjadi petugas keamanan penerbangan ( AVSEC ) . Hubungi panitia penerimaan peserta didik baru Sekolah AVSEC terbaik PSPP Penerbangan untuk memperoleh informasi selengkapnya pada 0822 - 2500 - 7272 / BBM 26D5777F . Terimakasih .

Tidak ada komentar