Breaking News

Siapa Petugas Keamanan Penerbangan itu ?


AVSEC disebut juga sebagai petugas keamanan penerbangan ,karena avsec di beri mandat untuk menjalankan tugas dan tanggung jawabnya terhadap keamanan. Berbeda dengan petugas keamanan lain, personil AVSEC juga wajib memiliki Lisensi atau Surat Tanda Kecakapan Petugas (STKP), hal tersebut juga tertuang pada “Peraturan Direktorat Jendral Perhubungan Udara No.SKEP/2765/XII/2010 BAB I Butir  9”


Tentang profesi yang satu ini, masyarakat yang masih awam dengan dunia penerbangan banyak yang salah kaprah mengarkitan bahwa AVSEC sama halnya dengan hansip,satpam , security bank ataupun petugas keamanan lainnya . 

Namun , semoga setelah membaca tulisan admin kali ini , kamu bisa lebih mengetahui mengenai Profesi AVSEC ya :) Petugas/personil Keamanan Penerbangan itu WAJIB memilki lisensi atau Surat Tanda Kecakapan Petugas (STKP) dalam melaksanakan tugasnya. Jadi tidak asal-asalan. Dalam lisensi tersebut dijelaskan kewenangan Petugas Keamanan Penerbangan (Avsec) dan jika sudah memiliki lisensi maka sudah dinyatakan memiliki kompetensi untuk melaksanakan tugas pengamanan penerbangan oleh Direktur Jendral Perhubungan Udara. Dari pernyataan tersebut mungkin sudah bisa sedikit terlihat bedanya ya .. 

Untuk memperoleh lisensi / STKP , rupanya juga terbilang tidak mudah . Seseorang harus mengikuti Pelatihan dan Pendidikan (Diklat) Avsec dulu di tempat diklat yang resmi . 
 
Untuk Pendidikan dan pelatihan Avsec (Aviation Security)ini ,di bedakan menjadi dua jenis yang disesuaikan dengan karir yang dicapai oleh AVSEC.
 
1. Pendidikan dan pelatihan dasar bagi personel Avsec, meliputi:
  1. basic aviation security (basic avsec)
  2. junior aviation security (junior avsec)
  3. senior aviation security (senior avsec)
2.Pendidika dan pelatihan lanjutan personil Avsec antara lain :
  1. avsec management
  2. crisis management
  3. quality control
  4. instructor
  5. risk management
  6. inspector/ auditor
  7. negotiation
  8. human factor
  9. investigator
  10. profiling
Tugas dan Tanggung Jawab Petugas Keamanan Penerbangan 
Petugas Keamanan Penerbangan  atau yang lebih dikenal dengan istilah AVSEC ini bertugas untuk  menjamin keamanan dan keselamatan penebangan, keteraturan dan efiensi penerbangan,di seluruh area penerbangan, termasuk juga awak pesawat udara, memberikan perkindungan terhadap awak pesawat udara, para penumang, petugas di darat, masyarakat dan instasi yang ada di bandar udara dari tindakan meklawan hukum,dan memenuhi standart peraturan yang ada di penerbangan baik secara internasional maupun nasional.

Dan dalam aturan Internasional berpedoman pada ICAO . ICAO sendiri merupakan singkatan dari International Civil Aviation Organitation atau sebuah organisasi penerbangan sipil internasional dibawah PBB. ICAO mempunyai aturan-aturan penerbangan yang disebut Annex. Aturan Keamanan Penerbangan terdapat di Annex 17 Security – Safeguarding International Civil Aviation Against Acts of Unlawful Interference. Jadi setiap negara yang menjadi anggota ICAO harus mematuhi aturan yang dibuat oleh ICAO tersebut.

Dalam bertugas , Petugas Keamanan Penerbangan  di bantu oleh peralatan kerja yang cukup canggih . Seperti :
  1. Peralatan pendeteksi metal (HTMD dan WTMD)
  2. Peralatan pendeteksi bahan organik dan non-organik(X-Try)
  3. Peralatan pendeteksi bahan nuklir, biologi, kimia, dan radioaktif
  4. Peralatan pendeteksi bahan peledak
  5. Kendaraan patroli keamanan penerbangan
  6. Peralatan pemantau lalu lintas orang, kargo, pos, kendaraan, dan pesawat udara di bandara
  7. Peralatan pusat penanggulangan keadaan darurat (emergency operation centre)
  8. Peralatan pengendalian jalan masuk (acces control)
  9. Peralatan pendeteksi penyusup pagar perimeter (perimeter instruction detection system)
  10. Peralatan komunikasi personel keamanan
Sehingga , menjadi Petugas Keamanan Penerbangan harus mempunyai kompetensi (kecerdasan,skill,atitud dan knowledge) untuk melaksanakan tugasnya, Yaitu menjaga keamanan dan keselamatan penerbangan.

Sudah ada gambaran Guys tentang Siapa Petugas Keamanan Penerbangan itu ?  Atau justru Anda langsung tertarik untuk menjadi seperti mereka ? Tenang Guys .. sebagai panitia penerimaan peserta didik baru PSPP Penerbangan , admin akan berikan informasi seputar tempat pendidikan AVSEC / tempat Anda memperoleh lisensi / STKP Keamanan Penerbangan.

Syarat Dan Ketentuan Mendaftar Pendidikan Avsec PSPP Penerbangan
  1. Minimal lulusan SMA Sederajat
  2. Tinggi badan minimal Putra 168 cm , Putri 163 cm
  3. Sehat jasmani dan rohani
  4. Usia maksimal 27 tahun
  5. Berat badan proporsional
  6. Tidak bertato dan bertindik
  7. Berpenampilan menarik
Cara Mendaftar Pendidikan Avsec PSPP Penerbangan
Bagi Anda yang berminat mendaftarkan diri untuk mengikuti pendidikan Avsec yang di selenggarakan oleh PSPP Penerbangan , Anda bisa melakukan pendaftaran secara langsung, dan bagi Anda yang jauh berdomisili jauh dari kampus PSPP Penerbangan dapat melakukan pendaftaran online, melalui website resmi www.sekolah-avsec.com ini. Kemudian menghubungi panitia penerimaan peserta didik baru untuk mengetahui tata cara pendaftaran selengkapnya ( Kak Diyan 0822 – 2500 – 7272 / BBM 26D5777F ). 

Oke Guys semoga tulisan admin kali ini bermanfaat ya :)

Tidak ada komentar