Breaking News

Gaji Petugas Keamanan Bandara di Indonesia Lumayan Tinggi


Tahukah Anda nama profesi yang ada di Bandara yang ditugaskan sebagai penjaga keamanan? Bagi masyarakat awam mungkin akan menyebut profesi tersebut sama halnya seperti security pada umumnya namun memperoleh tugas untuk berjaga di wilayah bandara . Tetapi profesi sebenarnya dari pekerjaan itu adalah Aviation Security atau yang biasa disebut sebagai Avsec. Dari namanya , memang tidak jauh berbeda dengan security yang bertugas di bank , rumah sakit , maupun tempat umum lainnya . Hanya saja ditambah kata aviation untuk menandakan bahwa petugas tersebut bekerja di penerbangan .



Tetapi , rupanya Aviation Security tidak hanya mengurusi perihal keamanan Bandara dan pengunjung yang datang saja, namun juga mengurusi sarana dan prasarana yang ada di Bandara untuk menjaga kelancaran transportasi udara tersebut.


Selain dari segi tanggung jawab , petugas keamanan bandara juga diwajibkan untuk memiliki dokumen wajib seperti halnya lisensi atau STKP ( Surat Tanda kecakapan personil) yang pernyataan ini telah tertuang dalam Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nomor:SKEP/2765/XII/2010 Bab I butir 9 dan hal seperti ini mungkin yang tidak dialami oleh petugas keamanan pada bidang lainnya.

Berbicara mengenai perolehan Gaji Petugas Keamanan Bandara di Indonesia Lumayan Tinggi memanglah benar. Karena hampir seluruh karir dalam dunia penerbangan menawarkan gaji yang cukup tinggi disamping prestice yang lumayan bergengsi juga di kalangan masyarakat. Namun besaran gaji petugas keamanan bandara di Indonesia tentu masih berbeda bila dibandingkan dengan AVSEC luar negeri karena masing-masing negara ataupun wilayah tentunya memiliki kebijakan dalam pemberian gaji untuk karyawannya. Selain dipengaruhi dari UMK , jumlah gaji petugas keamanan bandara ini juga dipengaruhi dari seberapa lama orang tersebut bekerja sebagai personil keamanan bandara  di tempat tersebut serta sertifikat apa saja yang dimiliki olehnya.


Untuk petugas keamanan bandara yang dikelola oleh Angkasa Pura , umumnya memperoleh gaji pokok sekitar Rp 5.000.000,- dan itupun belum ditambah dengan tunjangan dan bonus prestasinya. Bahkan dari pengakuan beberapa orang yang berprofesi sebagai petugas keamanan bandara Angkasa Pura tersebut mengungkapkan gaji yang mereka peroleh ketika tahun awal bekerja sudah mencapai lebih dari 6juta rupiah. Waw !! Nominal yang sangat menggiurkan bukan ? 


Pada pekerjaannya, petugas keamanan bandara atau yang dikenal dengan sebutan Aviation Security ini bekerja dibawah naungan dari ICAO (International Civil Aviation Organitation) di bawah PBB. Tugas dari Aviation Security ini secara spesifik menjadi seorang pengawas yang memperhatikan pengunjung yang datang dan masuk ke Bandara dan mulai pemeriksaan ketika memasuki anjungan sampai masuk ke dalam pesawat.
Jika Anda masih bingung dengan siapakah petugas yang memiliki julukan sebagai petugas keamanan bandara atau AVSEC ini , Anda akan mengetahui pada saat pemeriksaan barang Anda di Bandara. AVSEC juga memiliki wewenang untuk mencocokkan data diri Anda (KTP atau Paspor) dengan tiket penerbangan yang Anda miliki.


Semua orang yang berada di area Bandara masih berada pada pengawasan Aviation Security tak terkecuali pegawai yang ada di dalamnya. Itulah mengapa peran petugas keamanan bandara menjadi sangat penting. Ketika mulai bekerja, jika terjadi hal yang tidak diinginkan di Bandara Anda wajib melaporkan pertama kali ke petugas keamanan bandara atau AVSEC ini.


Oke sahabat, informasi yang bisa disampaikan dari artikel berjudul Gaji Petugas Keamanan Bandara di Indonesia Lumayan Tinggi ini sampai disini dulu ya. Jika Anda tertarik untuk melamar posisi ini tidak menjadi masalah karena Anda pun juga bisa bangga untuk menjadi seorang pemegang keamanan penerbangan. Tapi , jangan lupa ikuti pendidikan dan pelatihan nya dahulu di PSPP Penerbangan. Karena personil AVSEC harus memiliki lisensi / STKP yang bisa Anda peroleh setelah melalui ujian negara di tempat pendidikan dan pelatihan AVSEC PSPP Penerbangan.

Informasi seputar tempat pendidikan dan pelatihan AVSEC, hubungi kak Diyan 0822-2500-7272 / BBM 26D5777F . Terimakasih.

Tidak ada komentar