Breaking News

Inilah Daftar Nama Barang yang Tidak Boleh Dibawa pada Saat Naik Pesawat

AVSEC adalah Petugas yang Menjaga Keamanan Penerbangan


Seperti halnya BANK, Rumah Sakit, Mall, yang di depan pintu selalu standby petugas yang menjaa keamanan di tempat- tempat tersebut, bandara juga memiliki petugas keamanan khusus.

Yang mana petugas keamanan tersebut memiliki kualifikasi tersendiri yang tentunya berbeda dengan petugas keamanan pada sektor industri lain.

Petugas keamanan tersebut memiliki sebutan AVSEC (Aviation Security).

Yaitu petugas keamanan yang telah dididik dan dilatih secara khusus untuk menjadi petugas keamanan penerbangan.

Berbeda dengan petugas keamanan pada sektor industri lain, AVSEC diharuskan untuk memiliki lisensi (Surat Tanda kecakapan Personil) yang mana dapat Anda peroleh setelah Anda menjalani proses pendidikan dan pelatihan khusus AVSEC di lembaga yang telah memperoleh izin dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara.

Dan PSPP Penerbangan merupakan salah satu Sekolah AVSEC Terbaik yang memberikan lisensi tersebut kepada alumninya.

Jika Anda berminat untuk bergabung dengan profesi yang satu ini, Anda bisa mendaftarkan diri di Sekolah AVSEC Terbaik dengan menghubungi Panitia Pendaftarandan Penerimaan Peserta Didik Baru, Kak Diyan melalui BBM 26D5777F atau WhatsApp di 0822-2500-7272.

Kembali pada judul artikel yaitu Inilah Daftar Nama Barang yang Tidak Boleh Dibawa pada Saat Naik Pesawat.

Petugas yang dimaksud tersebut ialah petugas AVSEC.

Yang mana akan melarang para penumpang ataupun staff yang akan masuk ke dalam bandara (kedatangan/keberangkatan) membawa benda-benda yang masuk dalam kategori dangerous goods.

Mengapa demikian?

Karena, apabila barang bawaan yang Anda bawa ke dalam penerbangan tersebut termasuk dalam kategori dangerous goods tentu benda tersebut akan membahayakan penerbangan.

Sehingga sudah sepantasnya apabila barang bawaan Anda tersebut akan disita oleh petugas.

Hal tersebut demi keamanan penerbangan yang tentunya juga demi keselamatan Anda sendiri ketika melakukan penerbangan.

Inilah Daftar Nama Barang yang Tidak Boleh Dibawa pada Saat Naik Pesawat
Inilah Daftar Nama Barang yang Tidak Boleh Dibawa pada Saat Naik Pesawat

Benda yang Akan Disita Petugas Ketika Akan Melakukan Penerbangan

Cairan Berbahaya

Umumnya, pihak maskapai penerbangan akan melarang setiap penumpangnya untuk membawa cairan berbahaya seperti zat kimia.

Tetapi meski demikian, Anda tetap diperbolehkan membawa benda-benda cair seperti minyak kayu putih, parfum, atau hairspray dengan kapasitas maksimal 100 ml.

Agar lebih aman lagi, Anda bisa memasukkan benda-benda tersebut ke dalam bagasi dan melapisinya dengan plastik bening.

Benda-benda yang Berbahan Gas

Dalam setiap penerbangan, setiap penumpang akan dilarang membawa benda-benda yang berbahan gas seperti cat semprot, korek api dan lain-lain.

Karena keberadaan benda-benda yaang berbahan gas yang ikut dalam penerbangan, dapat memicu sebuah ledakan yang tentunya bisa mengancam keselamatan para penumpang.

Benda-benda Tajam

Benda-benda tajam seperti pisau, pedang, samurai, anak panah dan lain-lain meskipun fungsinya hanya sebagai souvenir, ternyata tetap akan disita oleh petugas apabila Anda membawanya ke bandara.

Tetapi, untuk peralatan make up yang mengandung benda-benda tajam seperti gunting kuku, kikir kuku, pisau cukur dan lain-lain, jika Anda sangat membutuhkannya, Anda bisa mengemas dan memasukkannya ke dalam tas koper yang akan Anda masukkan ke dalam bagasi.

Senjata Api dan Peralatan Berbahaya Lainnya

Setiap maskapai melarang penumpangnya untuk membawa senjata api dan peralatan berbahaya lainnya.

Karena, keberadaan benda-bena tersebut dalam penerbangan dapat memicu ledakan.

Benda yang dimaksud adalah seperti amunisi, kembang api, petasan dan lain-lain, kecuali bila benda-benda tersebut diizinkan sebagai bagasi yang didaftarkan atas keputusan mutlak dari maskapai yang bersangkutan karena alasan yang sangat khusus.

Benda-benda yang Dapat Mengembang

Benda-benda yang dapat mengembang seperti bola tiup untuk kegiatan olahraga basket, voli dan lain-lain dilarang dibawa ke dalam pesawat kecuali bila benda-benda tersebut sudah dikempiskan.

Selain beberapa benda yang sudah disebutkan di atas, masih ada beberapa benda lainnya yang mungkin bisa disita oleh petugas karena berpotensi mengancam keselamatan para penumpang.

Apapun itu, ada baiknya bila kita tetap mematuhi aturan yang berlaku.

Mengenai penyitaan benda-benda tersebut, berdasarkan pada peraturan internasional yang sudah ditetapkan oleh ICAO (Internatinoal Civil Aviation Organization) yakni sejenis Organisasi Penerbangan Sipil Internasional.

Yang mana benda- benda tersebut disebut sebagai Dangerous Goods.

Tertarik dengan profesi yang berhubungan keamanan penerbangan ini?

Jika ya, segera daftarkan diri Anda untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan di PSPP Penerbangan, menmgingat kuota yang disediakan sangat terbatas.


Untuk informasi selengkapnya silakan lamgsung mengghubungi panitia penerimaan peserta didik baru Sekolah AVSEC terbaik PSPP Penerbangan melalui WhatsApp di 0822-2500-7272/BBM 26D5777F.

Terimakasih.

Tidak ada komentar