Breaking News

Inilah Perbedaan AVSEC dan Security/ Satpam

Perbedaan AVSEC  dan Security/ Satpam secara mendetail akan saya bahas dalam artikel ini. Bagi Anda yang penasaran dengan apa sebenarnya tugas AVSEC, syarat jadi AVSEC, dan bagaimana cara menjadi AVSEC silakan disimak artikel ini hingga tuntas. Mengingat profesi AVSEC memang masih terdengar asing di kalangan masyarakat namun sebenarnya jenjang karir AVSEC ini sangat menjanjikan.



Inilah Perbedaan AVSEC dan Security/ Satpam
Inilah Perbedaan AVSEC dan Security/ Satpam

Perbedaan AVSEC dan Security/ Satpam Terletak Dimana?


AVSEC dan Security/ Satpam. Bila dilihat dari tujuan pekerjannya mungkin tidak jauh berbeda yaitu sama sama bertugas untuk menjaga keamanan. Apalagi kepanjangan dari AVSEC sendiri adalah Aviation security. Tentu Anda yang sangat awam dengan dunia penerbangan akan langsung tertuju pada profesi yang sudah Anda kenal yaitu security mall, satpam ataupun sejenisnya.

Inilah Perbedaan AVSEC dan Security/ Satpam
Inilah Perbedaan AVSEC dan Security/ Satpam

Namun rupanya AVSEC dan Security/ Satpam ini ternyata berbeda. Meskipun untuk mendapatkan pekerjaan keamanan ini sama-sama harus melalui pendidikan khusus tetapi pendidikan yang harus dijalani pun berbeda.


Untuk menjadi security mall, security bank, atau satpam akan mengikuti pendidikan dari segi aspek keamanan fisik dari kepolisian saja. Berbeda dengan AVSEC yang tidak hanya mendapatkan pendidikan ala kepolisian tetapi juga memperoleh pembelajaran tentang kebandarudaraan.


Terkait aturan yang diikuti dalam menjalankan tugasnya, AVSEC juga berpedoman pada aturan Internasional. Maka dari itu setiap personilnya diwajibkan untuk memiliki STKP atau Surat Tanda Kecakapan Personil yang dikenal juga dengan sebutan lisensi AVSEC.


Dimana untuk mendapatkan STKP tersebut calon AVSEC wajib mengikuti pendidikan atau sekolah AVSEC kemudian mengikuti UJIAN NEGARA untuk perolehan lisensi atau STKP. Selain akan diajarkan materi yang berkaitan dengan keamanan penerbangan, dalam mengikuti sekolah AVSEC calon AVSEC juga akan dibekali pendidikan yang bersifat pelayanan pelanggan, termasuk juga mempelajari tentang kebandarudaraan, X-Ray, explosive detector, dangerous goods, negotiation, dll.

Pembekalan tersebut dimaksudkan agar apabila terjadi masalah dalam kelancaran proses penerbangan seperti halnya delay yang mengakibatkan penumpang banyak yang marah maka petugas AVSEC dapat turut membantu menenangkan para penumpang namun tetap dengan etika yang baik.

Jadi jika Anda sudah memiliki pengalaman menjadi security ataupun satpam tetap saja Anda tidak bisa langsung melamar sebagai AVSEC sebelum mendapatkan STKP atau mengikuti Sekolah AVSEC. Karena kecakapan yang dimiliki oleh security biasa ataupun satpam tentu berbeda dengan kecakapan yang dimiliki oleh seseorang yang telah memiliki STKP atau lisensi AVSEC.

Tugas Seorang Aviation Security

Terlepas dengan adanya Perbedaan AVSEC dan Security/ Satpam ternyata untuk tugas dari masing-masing personil AVSEC pun juga berbeda tergantung dari jenis lisensi atau kecakapan yang dimiliki oleh setiap petugas AVSEC. 

 
Inilah Perbedaan AVSEC dan Security/ Satpam
Inilah Perbedaan AVSEC dan Security/ Satpam

  • Basic AVSEC memiliki tugas untuk melihat profiling seseorang. Atau petugas AVSEC yang  tugasnya memeriksa orang secara manual. Memerika tubuh, melihat wajahnya, apakah ada sesuatu yang mencurigakan atau tidak, pemeriksaan dari kaki sampai ke atas, dll.
  • Junior AVSEC memiliki tugas untuk mengoperasikan perangkat X-Ray dan memantaunya di monitor.
  • Senior Avsec bertugas sebagai supervisor, yaitu mengawasi cara kerja para avsec secara keseluruhan.

Ketiganya memiliki tujuan yang sama yaitu menciptakan keamanan penerbangan dari segala tindakan yang melanggar hukum dan tentunya tercipta zero accident pada semua penerbangan yang berlangsung di bandara tempat mereka bekerja. 

 

Syarat Jadi AVSEC 

Salah satu persyaratan mutlak yang harus dimiliki oleh AVSEC yaitu STKP atau lisensi. Terkait dengan hal ini diatas juga sudah dijelaskan bahwa diwajibkannya memiliki sertifikat satu ini menjadi salah satu hal yang membuat Perbedaan AVSEC dan Security/ Satpam


Namun, untuk mendapatkan lisensi tersebut seseorang diwajibkan untuk mengikuti Sekolah AVSEC yang sudah berizin dan tentunya bisa memberikan STKP bagi para siswa-i AVSEC nya. Salah satunya yaitu di PSPP Penerbangan. 


Untuk bisa diterima di Sekolah AVSEC, selain harus dinyatakan lolos dalam tes tertulis, tes berkas dan tes wawancara, calon peserta didik juga wajib memenuhi syarat fisik seperti di bawah ini: 

  • Warga Negara Indonesia baik laki-laki maupun perempuan
  • Pendidikan minimal SMA/K sederajat
  • Berusia 17-27 tahun
  • Memiliki tinggi badan minimal 170 cm untuk laki-laki dan minimal 165 cm untuk perempuan
  • Sehat jasmani dan rohani 
  • Kedua mata dalam kondisi normal, tidak minus ataupun buta warna
  • Belum pernah mengalami patah tulang
  • Belum pernah menikah 

Dan kemudian apabila semua kualifikasi diatas telah Anda penuhi, Anda bisa langsung melakukan konsultasi pendaftaran melalui panitia pendaftaran PSPP Penerbangan WA/LINE 0822 2500 7272.

Cara Menjadi AVSEC 

Sampai disini tentunya sudah sangat jelas bahwa cara menjadi AVSEC yang pertama kali harus Anda lakukan yaitu dengan bergabung atau melanjutkan pendidikan di Sekolah AVSEC. Untuk rekomendasi sekolahnya diatas juga sudah dituliskan yaitu Sekolah AVSEC PSPP Penerbangan yang sudah mendapat izin penyelenggaraan ujian STKP oleh Dirjen Keamanan Penerbangan RI. 


Dengan mengikuti pendidikan dan pelatihan di sekolah AVSEC tentunya Anda sudah memiliki ilmu seputar penerbangan dan juga keamanan penerbangan termasuk dangerous goods yang sangat diperlukan untuk menjadi AVSEC. 


Selanjutnya, Anda akan diikutkan untuk mengikuti UJIAN NEGARA dimana ujian tersebut ditempuh untuk mendapatkan STKP atau lisensi AVSEC. Jika Anda serius dalam mengikuti pembelajaran di PSPP Penerbangan tidak perlu khawatir akan gagal dalam ujian ini. Karena semua materinya sudah diajarkan selama pendidikan. 


Dengan dimilikinya STKP atau lisensi AVSEC tentunya Anda sudah siap untuk mewujudkan cita-cita Anda menjadi personil AVSEC. Peluang kerja yang ada untuk AVSEC bisa di Kementrian Perhubungan, Angkasa Pura II, Angkasa Pura Solusi, ataupun di maskapai penerbangan seperti Air Asia, Lion Air, Sriwijaya Air, dll. 


Informasi Pendaftaran Sekolah AVSEC

PSPP Penerbangan merupakan Sekolah AVSEC Terbaik yang sudah mendapatkan jadwal penyelenggaraan UJIAN NEGARA dari Dirjen Keamanan Penerbangan. Sekolah AVSEC ini dapat Anda temui di 4 kota di Indonesia yaitu di Lampung, Jakarta, Yogyakarta dan juga Makassar. 
 
Inilah Perbedaan AVSEC dan Security/ Satpam
Inilah Perbedaan AVSEC dan Security/ Satpam


Kualitas lulusan yang baik membuat para alumni dari Sekolah AVSEC PSPP Penerbangan ini sangat mudah untuk memperoleh pekerjaan setelah mereka memperoleh STKP/ lisensi. Maka dari itu, sangat wajar jika ribuan pendaftar berbondong-bondong untuk mendaftarkan diri di PSPP Penerbangan meskipun di Indonesia sendiri sebenarnya terdapat beberapa lembaga lain juga yang menyelenggarakan pendidikan AVSEC. 


Saat ini PSPP Penerbangan sedang membuka pendaftaran siswa baru. Bagi Anda yang tertarik untuk bergabung dengan lembaga ini bisa langsung menghubungi panitia pendaftaran melalui kontak di bawah ini:

Kak Diyan 
WA/LINE 0822 2500 7272
IG daftaravsec 
Formulir pendaftaran KLIK DISINI

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan terkait Perbedaan AVSEC dan Security/ Satpam. Silakan bagikan artikel ini melalui tautan berbagi bila Anda merasa artikel ini bermanfaat. 


Baca juga: 
1. Persyaratan dan Biaya Masuk Sekolah AVSEC 
2. Fasilitas Yang Tersedia di Sekolah AVSEC

 
 




Tidak ada komentar