Breaking News

Soal Tes Buta Warna AVSEC (Aviation Security)

Tes Buta Warna AVSEC menjadi salah satu rangkaian dalam tes kesehatan AVSEC dimana cara mengetahuinya bukan melalui pemeriksaan kesehatan melainkan melalui uji tes buta warna. Tes ini merupakan salah satu rangkaian penting dalam seleksi AVSEC karena salah satu persyaratan mutlak untuk menjadi AVSEC ialah memiliki kesehatan mata yang baik.



Soal Tes Buta Warna AVSEC (Aviation Security)
Soal Tes Buta Warna AVSEC (Aviation Security)

Persyaratan Menjadi AVSEC 

AVSEC merupakan salah satu profesi dalam dunia penerbangan yang memiliki peranan penting dalam kelancaran proses penerbangan. Untuk dapat menggeluti profesi ini, seseorang diwajibkan untuk memiliki STKP atau yang dikenal juga dengan sebutan lisensi AVSEC.


Selain persyaratan terkait kepemilikan STKP, calon AVSEC juga diwajibkan untuk memenuhi beberapa kriteria baik secara fisik maupun administratif yang berupa:

  • Warga Negara Indonesia
  • Pria atau wanita berusia maksimal 27 tahun
  • Pendidikan minimal SMA/K sederajat
  • Memiliki tinggi badan minimal 170 cm bagi pria dan 165 cm bagi wanita
  • Sehat jasmani dan rohani
  • Berpenampilan menarik dan berkepribadian baik
  • Tidak buta warna dan hepatitis
  • Kedua mata dalam kondisi normal (tidak minus)
  • Belum pernah menikah
  • Belum pernah mengalami patah tulang

Dan untuk membuktikan bahwa calon pendaftar memiliki riwayat kesehatan yang baik maka diminta untuk melampirkan surat keterangan sehat dari dokter beserta hasil Tes Buta Warna AVSEC yang telah Anda lakukan di puskesmas ataupun dokter.

Soal Tes Buta Warna AVSEC (Aviation Security)

Buta warna merupakan suatu kelainan yang disebabkan karena ketidakmampuan sel-sel kerucut mata dalam menangkap spektrum warna tertentu. Hal ini bisa diakibatkan karena faktor genetik bisa juga diakibatkan karena pola hidup.


Ketidakmampuan sel-sel kerucut mata dalam menangkap spektrum warna tersebut membuat benda yang berwarna–warni hanya terlihat beberapa warna saja dengan kesan warna yang lebih kusam dan luntur. Terkait cara pengobatannya, hingga saat ini belum ditemukan obat ataupun cara untuk mengobati penyakit buta warna.


Akan tetapi penderita buta warna bisa beradaptasi dan menyiasati masalah perbedaan warna tersebut dengan sendirinya melalui proses belajar. Dalam tes masuk suatu perusahaan besar termasuk salah satunya di perusahaan penerbangan, tes buta warna ini menjadi salah satu tes yang tidak boleh ditinggalkan.


Tes buta warna ini umumnya sama yakni mengetahui angka-angka yang tersembunyi didalam suatu bulatan penuh titik-titik dengan warna berbeda dan mencolok. Penderita buta warna tentu bakal kesulitan mengidentifikasikan angka-angka tersebut.



Inilah beberapa contoh soal tes buta warna:

Soal Tes Buta Warna AVSEC (Aviation Security)
Soal Tes Buta Warna AVSEC (Aviation Security)


Untuk mengetahui apakah Anda bermasalah dengan buta warna atau tidak, Anda bisa mencoba menerka angka-angka berapa saja yang terlihat dalam soal tes buta warna diatas. Jika Anda mampu menebak dengan tepat dan mudah artinya Anda tidak memiliki penyakit buta warna. Namun sebaliknya, jika Anda mengalami kesulitan untuk membaca angka-angka diatas maka saya sarankan agar Anda segera melakukan konsultasi dengan dokter mata.


Jadi Tes Buta Warna AVSEC baik ketika Anda hendak masuk ke sekolah AVSEC ataupun saat Anda akan melamar di suatu perusahaan penerbangan soal tes buta warna yang akan Anda temui kurang lebihnya hampir sama seperti gambar diatas.


Mengapa AVSEC Tidak Boleh Mengidap Buta Warna?

Permasalahan buta warna memang sering menjadi pemicu kegagalan seseorang dalam menghadapi  tes masuk perusahaan. Terutama pada pekerjaan yang berkecimpung dalam dunia penerbangan seperi Pilot, Pramugari, Staff Penerbangan, AVSEC, dll. 


Karena tugas tanggung jawab serta resiko dalam dunia penerbangan memang tinggi. Sehingga mengharuskan para pekerjanya untuk memiliki tingkat kebugaran dan kesehatan yang tinggi pula. Maka dari itu salah satu rangkaian tes yang harus dilalui oleh calon AVSEC ialah Tes Buta Warna AVSEC.


Permasalahan penderita buta warna adalah tak mampu membedakan warna-warna dasar yang terdiri dari warna merah, hijau atau biru. Ini terkait dengan lampu indikator serta tombol tombol penerbangan yang berwarna-warni. Jika seorang pekerja penerbangan menderita buta warna maka ia akan susah membedakan warna tombol atau indikator tersebut. Salah menekan tombol tentu dapat berakibat fatal.

Soal Tes Buta Warna AVSEC (Aviation Security)
Soal Tes Buta Warna AVSEC (Aviation Security)

Karena itulah pihak perusahaan penerbangan harus memastikan para pekerjanya lulus tes kesehatan dan salah satu kriterianya adalah lulus tes buta warna. Namun bagi Anda yang sudah menderita buta warna, tidak perlu patah semangat karena masih banyak pekerjaan lain diluar sana yang dapat menerima kekurangan Anda.

Informasi Cara  Pendaftaran Sekolah AVSEC

PSPP Penerbangan adalah sekolah penerbangan dengan Akreditasi A dan telah memiliki perizinan resmi Kemendikbud dan Kemenakertrans. Sehingga dapat menjadikan PSPP Penerbangan sebagai pertimbangan layak untuk menentukan sekolah penerbangan terbaik.


PSPP di tahun 2016 telah memiliki 4 cabang kampus yang berada di Lampung, Jakarta, Yogyakarta dan Makassar. Terkait dengan pembahasan tentang AVSEC, PSPP Penerbangan merupakan Sekolah AVSEC yang telah berlisensi resmi. Dimana diawal pembahasan juga telah disampaikan bahwa salah satu persyaratan untuk menjadi AVSEC adalah harus memiliki STKP/ Lisensi AVSEC.


PSPP Penerbangan merupakan tempat yang tepat bagi Anda yang ingin mendapatkan STKP atau lisensi AVSEC tersebut. Dengan masa pendidikan yang hanya akan berlangsung selama 4 bulan ditambah masa OJT selama 2 bulan Anda sudah dapat mengikuti UJIAN NEGARA sebagai syarat untuk memperoleh STKP AVSEC sesuai jadwal yang telah ditetapkan oleh Dirjen Keamanan Penerbangan.


Salah satu yang menjadi persyaratan untuk masuk ke PSPP Penerbangan juga termasuk tidak buta warna. Nah setelah mengetahui bocoran soal Tes Buta Warna AVSEC diatas, berikut ini admin sampaikan bagaimana cara pendaftarannya untuk bergabung di Sekolah AVSEC PSPP Penerbangan:

  1. Isi formulir pendaftaran online yang tersedia pada www.sekolah-avsec.com ini
  2. Selanjutnya silakan lakukan pembayaran biaya pendaftaran sebesar Rp.300.000,- melalui rekening resmi PSPP Penerbangan BANK BRI 0098-01-002137-30-3 a.n PSPP Penerbangan.
  3. Setelah itu lakukan konfirmasi pembayaran pada panitia pendaftaran siswa baru PSPP melalui WA/LINE 0822 2500 7272. Dan untuk selanjutnya persiapan mengikuti tes online dan tes interview.
  4. Setelah dinyatakan lulus seleksi, calon siswa diwajibkan membayar biaya pendidikan atau daftar ulang sebagai syarat sah mengikuti pendidikan di PSPP Penerbangan.

Demikianlah tadi informasi tentang contoh soal Tes Buta Warna AVSEC. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda sekalian! Dan bagi Anda yang ingin mengetahui informasi terlengkap seputar pendaftaran PSPP Penerbangan segera hubungi panitia penerimaan siswa baru melalui kontak di bawah ini:

Kak Diyan 
WA/LINE 0822 2500 7272
IG daftaravsec
Formulir Pendaftaran KLIK DISINI
 

Kak Diyan PSPP melayani pendaftaran disemua cabang kampus PSPP baik di Jakarta, Lampung, Yogyakarta maupun Makassar. Sehingga Anda tidak perlu lagi bingung mencari kontak lain karena semua bisa dilayani disini. Terimakasih dan semoga bermanfaat.


Baca juga:
1. Bisakah Lulusan Paket C Menjadi AVSEC?
2. Fasilitas di Sekolah AVSEC

Tidak ada komentar